Pancasila di dalam Bangsa

v Pancasila pada hakekatnya adalah sebagai pandangan hidup bangsa dan dasar negara . Mengapa Pancasila dianggap sakti hingga harus dilestarikan.

Pikiran pokok / penjelasan :

ü Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Didalam diri Manusia Indonesia yang sering disebut dengan “Masyarakat “ , tercermin rasa/jiwa kelima sila yang ada di Pancasila yaitu : jiwa Ketuhanan ( Manusia memiliki kepercayaan sehingga manusia itu ada hubungan pribadi dengan penciptanya dan menganut kepercayaan masing – masing ) Jiwa Kemanusiaan ( Manusia itu memiliki jiwa sosial, walaupun hidup secara individu dia membutuhkan orang lain dan sebaliknya dia juga dibutuhkan orang lain jadi ada ketimbalbalikan) , jiwa persatuan ( tidak membedakan yang satu dan yang lainnya dalam berbangsa dan bernegara, jadi memiliki rasa persatuan dan kebersamaan yang tinggi”BIHNEKA TUNGGAL IKA “) , jiwa kerakyatan ( berinteraksi dan menciptakan komunikasi yang baik dalam lingkungan masyarakat, menunjikkan diri dalam kegiatan kebangsaan dan kegiatan lainnya dan kegiatanmasyarakat lainnya),jiwa Keadilan (Didalam Berbangsa dan bernegara memiliki keadilan , tidak memilih berdasarkan golongan , suku, sosial ras. Tetapi dengan adanya hukum maka bertindak dengan hukum, bermusyawarah dengan baik), itulah yang tercipta dalam diri Bangsa Indonesia, dan merupakan tingkahlaku serta pebuatan bangsa Indonesia. Didalam lima sila yang ada Pada Pancasila itu merupakan pancaran dari diri bangsa Indonesia sehinga lebih cenderung menunjukkan kepribadian dan jati diri bangsa Indonesia. Dan dapat m,embawa bangsa menjadi makmur dan lebih baik lagi.

ü Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia.

Negara Indonesia merupakan negara Pancasila, terbuka dan demokratis, Pancasila merupakan sumber dari segala hukum yang ada, dengan demikian dari segala kegiatan ataupun tingkah laku dari suatu bangsa yang didasari oleh hukum memiliki aturan hukum juga dalam setiap nilai – nilai yangdikandungnya. Fungsinya adalah bahwa Pancasila itu pengatur pribadi dan tingkah laku dalam mencari kebenaran. Kita melihat bahwa manusia itu sifatnya ingin tahu dan selalu mencari kebenaran, dengan demikian maka hentinya sifat itu tidak ada , karena kebenaran yang absolute atau mutlak hanya dari Tuhan Yang Maha Esa, dengan demikian pancasila dapat memberikan kebenaran oleh karena nilai –nilai yang dikandungnya, sehingga tidak menimbulkan perpecahan, dan perbedaan.

Adapun pancasila dianggap sakti oleh Negara yang mendasarkannya sebagai pandangan hidup dan dasar negara, karena pancasila itu bukan hanya tercipta sebagai dasar, pedoman, tujuan, dan penuntun suatu bangsa itu, Tetapi karena pancasila itu merupakan satu alat yang dapat mempersatukan suatu bangsa, mendamaikan suatu bangsa , dapat menjadi hukum dan peraturan suatu bangsa, penuntun berdirinya masyarakat, negara, cermin dari kepribadian masyarakat dan bangsa indonesia, perwujutan cita – cita bangsa, dan yang p[aling penting sebagai jati diri dan sikap dan sifat yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia.

0 comments:

Posting Komentar

How do you think about this blok ????
write your answer and comment.